Seberapa Penting Melakukan Vaksin Influenza?


Melakukan vaksinasi sangat baik untuk melindungi tubuh anda dari berbagai serangan penyakit. Karena vaksin yang masuk ke dalam tubuh, melatih sistem imun sehingga kuat terhadap bahaya berbagai penyakit. Salah satu yang banyak diberikan adalah vaksin influenza. 

Influenza disebabkan oleh infeksi yang ada pada hidung tenggorokan dan juga paru-paru. Influenza ini cukup mudah menular salah satunya dari mengidap flu atau influenza. Penularan paling umum terjadi lewat percikkan air liur yang didalamnya terkandung virus influenza melalui udara. 

Untuk biaya vaksin influenza di Indonesia juga masih cukup terjangkau. Harganya di kisaran Rp200.000 hingga Rp500.000. 

Apa Itu Vaksin Influenza

Vaksin influenza adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit flu dan saat ini cukup efektif. Anda bisa melakukan vaksinasi di rumah sakit terdekat. Apalagi di masa pandemi seperti ini, sangat disarankan untuk melakukan pencegahan agar tidak ada virus berbahaya masuk tubuh salah satunya dengan melakukan vaksin jenis influenza ini. 

Untuk imunisasi influenza sudah mulai bisa dilakukan pada bayi usia 6 bulan. Dan disarankan untuk diulang setiap tahun. Karena pada dasarnya influenza merupakan penyakit serius yang jika dibiarkan berlarut-larut akan membuat Anda bisa dirawat di rumah sakit. Bahkan untuk kondisi yang terparah adalah bisa berujung kematian. 

Anda yang merasa sehat-sehat saja sangat bisa untuk tertular penyakit flu dari orang lain. Dan influenza bisa semakin parah pada kondisi medis tertentu, seperti anda yang memiliki riwayat penyakit jantung atau paru-paru. Bagi Anda yang ingin melakukan vaksin, tentu lebih mudah untuk memilih vaksin sesuai daerah masing-masing. Contohnya saja vaksin dewasa untuk Anda yang berada di daerah Semarang. 

Kelompok yang Disarankan untuk Melakukan Vaksin Influenza

Vaksin Influenza ini diberikan pada anak sesuai dengan usianya dan dosis vaksin influenza juga berbeda-beda. Adapun ketahui rinciannya sebagai berikut. 

  • Pada bayi usia  6 bulan - 35 bulan 0,25 ml
  • Pada anak usia di atas 3 tahun : 0,5 ml
  • Pada kondisi di mana anak usia kurang 8 tahun dan belum pernah melakukan vaksin flu maka perlu dilakukan vaksinasi sebanyak 2 kali. Lalu vaksin diberi jarak minimal 4-6 minggu.
  • Sementara untuk anak usia di atas 8 tahun dan baru pernah melakukan vaksinasi, hanya perlu dilakukan vaksin sebanyak 1 kali. Kemudian vaksin dilakukan pengulangan setiap tahun. 

Vaksin jenis influenza ini tentu tidak hanya penting untuk anak-anak saja. Tetapi ada beberapa kondisi tertentu di mana orang layak mendapatkan vaksin jenis ini. 

  • Kelompok usia 50 tahun keatas.
  • Kelompok pengidap penyakit paru kronis, kardiovaskular, neurologis, hati, ginjal, hematologis dan juga kelainan metabolisme.
  • Kelompok pengidap imunosupresi
  • Wanita yang akan hamil atau ibu hamil selama musim influenza.
  • Ibu melahirkan pasca persalinan 2 minggu.
  • Kelompok lansia yang tinggal di panti jompo atau fasilitas layanan medis kronis.
  • Orang-orang dengan obesitas ekstrem.
  • Para petugas pelayanan medis.

Kelompok yang Tidak Disarankan Untuk Melakukan Vaksin Influenza

Selanjutnya, ada juga beberapa kondisi tertentu dimana seseorang tidak disarankan untuk melakukan vaksin jenis influenza. 

  • Bayi dibawah usia 6 tahun, karena pada usia ini tubuh bayi belum cukup mampu untuk merespon vaksin yang diberikan. 
  • Orang yang sedang sakit, karena sistem kekebalan tubuhnya sudah lemah.

Nah tentu anda sekarang sudah tahu bagaimana pentingnya melakukan vaksin influenza. Bagi Anda yang sedang berencana melakukan vaksinasi di rumah sakit terdekat, lebih mudah dengan aplikasi Halodoc. Baik melakukan janji dengan dokter atau melakukan konsultasi kapan saja dan dimana saja. Pilih Halodoc sebagai aplikasi kesehatan masyarakat, yang bisa diandalkan. 

Tidak ada komentar untuk "Seberapa Penting Melakukan Vaksin Influenza?"